Sabtu, 03 September 2011

Cahaya Pengaruhi Suasana Hati

AHLI biologi dan psikolog telah lama mengetahui bahwa cahaya memengaruhi suasana hati. Namun, ada sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa cahaya juga mungkin memainkan peran dalam modulasi ketakutan dan kecemasan.

"Cahaya memainkan peran penting dalam modulasi denyut jantung, irama sirkadian, siklus tidur dan bangun, sistem pencernaan, hormon, suasana hati, dan proses tubuh lainnya. Dalam penelitian ini, kami ingin melihat bagaimana hal itu memengaruhi rasa takut dan mempelajarinya," kata Brian Wiltgen, asisten profesor psikologi Universitas Virginia .

Rasa takut sendiri, lanjutnya, bukan merupakan bawaan, melainkan berasal dari pengalaman seperti situasi berbahaya atau buruk. Mempelajari rasa takut dapat melindungi kita dari bahaya," kata peneliti.

"Studi menunjukkan bahwa cahaya memengaruhi pembelajaran, memori, dan kecemasan," kata Wiltgen. "Kami sekarang telah menunjukkan bahwa cahaya juga dapat memodulasi respons terhadap ketakutan."

"Kami melihat bahwa cahaya itu sendiri tidak selalu meningkatkan rasa takut, tetapi lebih banyak cahaya meningkatkan ketakutan untuk belajar," kata Wiltgen. "Ini sama halnya seperti seseorang belajar untuk menjadi lebih takut dalam gelap." Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, Agustus 2011.

Tidak ada komentar: